Kamis, 25 Oktober 2012

Sejarah Idul Adha


Sejarah Idul Adha



      Kata Idul Adha artinya kembali kepada semangat berkurban. Berbeda dengan IdulFitri yang artinya kembali kepada fitrah. Bila Idul Fitri berkaitan dengan ibadahRamadhan, di mana setiap hamba Allah selama Ramadhan benar-benar disucikansehingga mencapai titik fitrah yang suci, tetapi dalam Idul Adha tidak demikian. IdulAdha lebih berupa kesadaran sejarah akan kehambaan yang dicapai nabi Ibrahim dannabi Ismail alaihimus salam. Karenanya di hari tersebut ibadah yang paling utamaadalah menyembelih kurban sebagai bantuan terhadap orang-orang miskin.Dalam surah Ash Shaffat 100-111, Allah swt. menggambarkan kejujuran nabiIbrahim dalam melaksanakan ibadah kurban. Indikatornya dua hal:Pertama,
al istijabah al fauriyah
yakni kesigapannya dalam melaksanakan perintah Allah sampai pun harus menyembelih putra kesayangannya.Ini nampak ketika nabi Ibrahim langsung menemui putranya Ismail begitumendapatkan perintah untuk menyembelihnya. Di saat yang sama ia langsungmenawarkan perintah tersebut kepadanya. Allah berfirman:
“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpibahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!”
Dan ternyata
al istijabah al fauriyah
ini nampak juga pada diri Ismail ketikamenjawab:
“Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamuakan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”
Kedua,
 shidqul istislam
yakni kejujuran dalam melaksanakan perintah.
 
Allah berfirman:
“Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahimmembaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya).”
Inilah pemandangan yang sangat menegangkan. Bayangkan seorang ayah dengan jujur sedang siap-siap melakukan penyembelihan. Tanpa sedikitpun ragu. Kataaslamaa yang artinya keduanya berserah diri menunjukkan makna bahwa penyerahandiri tersebut tidak hanya terjadi sepihak, melainkan kedua belah pihak baik dariIbrahim maupun Ismail. Di sanalah hakikat kehambaan benar-benar nampak. Bahwasang hamba tidak ada pilihan kecuali patuh secara tulus kepada Tuhannya. Suatuteladan kehambaan yang harus ditiru setiap orang beriman yang berjuang menujuderajat kehambaan. Karenanya pada ayat 100 setelah itu, Allah menegaskan bahwakeduanya benar-benar hamba-Nya, Allah berfirman: “Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.”Dari sini nampak bahwa untuk mencapai derajat kehambaan sejati, tidak ada lainkecuali dengan membuktikan al istijabah
al fauriyyah
dan
 shidqul istislam
. NabiIbrahim dan nabi Ismail telah membuktikan kedua hal tersebut. Allah swt. yang MahaMengetahui telah merekamnya. Bila Allah yang mendeklarasikannya maka itu persaksian yang paling akurat. Tidak perlu diperbincangkan lagi. Bahkan Allah swt.mengabadikannya dengan menjadikan hari raya Idul Adha. Supaya semua hambaAllah setiap tahun selalu bercermin kepada nabi Ibrahim dan nabi Ismail.Dengan demikian, esensi Idul Adha bukan semata ritual penyembelihan kurban,melainkan lebih dari itu, membangun semangat kehambaan nabi Ibrahim dan nabiIslamil dalam kehidupan sehari-hari.Syariat berkurban merupakan warisan ibadah yang paling tua. Karena berkurbanmulai diperintahkan saat Nabiyullah Adam ‘alaihis salam tidak menemukan carayang adil dalam menikahkan anak-anaknya yang kembar. Meskipun sudahdiputuskan menikah secara silang. Sampai akhirnya Allah swt mewahyukan agar kedua anak Adam, Habil dan Qabil melaksanakan kurban untuk membuktikan siapa
 
yang diterima. Habil berkurban dengan ternaknya –unta- dan Qabil berkurban dengantanamannya –gandum-.Sampai disini Allah swt sebenarnya ingin menguji hamba-hamba-Nya, mana yangdengan suka-rela menerima perintahnya, dan mana yang menentangnya. Habildengan ikhlas mempersembahkan kurbannya dan karenanya diterima. SedangkanQabil karena tidak tulus dalam menjalankan perintah berkurban, tidak diterima,sehingga dengan nekad juga ia membunuh saudaranya, inilah peristiwa pembunuhan pertama dalam sejarah umat manusia.Syariat berkurban dilanjutkan dengan Nabi-Nabi berikutnya.ر ِش ّب َو َ ام ُل ِس ْأَ ه ُل َف َ د ٌح ِاو َ ه ٌ َإِ  ْك ُ ُ َ ِف َ  ِع َن ْْَا ة ِم َي ِب َ  ْ ِ  ْ ُق َز َ َ  َ ىل ََ ِا  َس ْا اور ُ ُذ ْي َ ِ ك ً َ ْ َ  َل ْع َج َ ة ٍ أُ  ّك ُ ِو َ )  َيت ِ ِخ ْم ُ ْا34) “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), supayamereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allahkepada mereka, Maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, Karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yangtunduk patuh (kepada Allah).” QS. Al-Hajj : 34Peristiwa berkurban paling fenomenal dibuktikan oleh Bapak Tauhid, Khalilullah,Ibrahim Alaihissalam. Ibrahim yang menanti seorang putra sejak lama itudiperintahkan Allah swt untuk menyembelih putra semata wayangnya, Isma’ilalaihissalam. Ujian berat menyergapnya, antara melaksanakan perintah Allah swt ataumembiarkan hidup putranya dengan tidak melaksanakan perintah Allah swt, toh putranya nanti akan melanjutkan perjuangan bapaknya. Alasan ini kelihatan begiturasional. Bisa menjadi pembelaan diri dan pembenaran pilihan. Namun, Ibrahim sudah teruji ketaatannya kepada Allah swt. sehingga tiada raguia akan melaksanakan perintah Allah swt. Perintah itu dikomunikasikan dengan putranya Isma’il. Betapa bangganya sang ayah yang mendengar ketegasan putranya:
 
“Wahai Ayahku, laksanakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. Engkau akanmenemukan diriku termasuk orang yang penyabar.”Rangkaian kisah hebat itu Allah swt rekam dalam Al-Qur’an,“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. Maka kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yangamat sabar. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku Sesungguhnya Aku melihat dalammimpi bahwa Aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” iamenjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allahkamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya Telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalahkesabaran keduanya ). Dan kami panggillah dia: “Hai Ibrahim. Sesungguhnya kamuTelah membenarkan mimpi itu. Sesungguhnya Demikianlah kami memberi balasankepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya Ini benar-benar suatu ujianyang nyata. Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kamiabadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datangKemudian. (yaitu) “Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”. Demikianlah kamimemberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” A(s-Shaffat:100-110)Syariat itu kembali diaktualisasikan oleh nabi akhir zaman, NabiyullahMuhammad saw dan kita sebagai umatnya. Perintah itu digambarkan dalam surat pendek, surat Al-Kautsar: 1-3“Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Makadirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orangyang membenci kamu dialah yang terputus.”
 
Sebelum Allah swt memerintahkan berkurban, terlebih dulu Allah swtmengingatkan betapa nikmat pemberian Allah swt begitu banyak “Al Kaustar”, atau juga berarti telaga kautsar di surga.Kalau kita mencoba merenung, nikmat Allah swt yang besar adalah nikmatdiciptakanya kita sebagai manusia. Makhluk Allah swt yang paling mulya dan paling baik bentuknya, “ Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yangsebaik-baiknya.” (At-Tiin:4) Nikmat menjadi peran khalifatullah fil ardli, perwakilan Allah swt untuk memakmurkan bumi dan isinya. “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada paramalaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”(Al-Baqarah:30) Nikmat anggota badan yang begitu menakjubkan dan luar biasa. Betapa sangatmahalnya kesehatan itu ketika satu mata dihargai ratusan juta. Makanya Allah swtkembali mengingatkan “Dan pada diri kalian, apakah kalian tidak memperhatikan?”(Adz-Dzariyat:21)Dan yang paling besar anugerah Allah swt adalah nikmat Iman dan Islam. Inidigambarkan Allah sendiri,”Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”(Al-Ma’idah:3)Setelah Allah swt menyebut nikmat-nikmat yang begitu banyak itu, Allah swtmengingatkan hamba-hamba-Nya agar mau melaksanakan perintah-perintah-Nya: perintah shalat lima waktu atau shalat Idul Adha dan berkurban sebagai bukti rasasyukur kepada-Nya.
 
Bahkan Rasulullah saw memerintahkan berkurban dengan bahasa yang tegas danlugas bahkan disertai ancaman. Ancaman untuk tidak dekat-dekat dengan tempatshalat atau dengan istilah lain tidak diakui menjadi umat Muhammad.ن َ ص َ ُ  ب َر َ ْ َ  َف َ  ّض َ ُ  ْل َف َ ة ًع َس َ د َج َو َ  ْ َ  َل س َو َ ه ِي ْل ََ ُا ىل  َ ِا  ُس ُ َ  َق َ  َق َ َر َ ْر َُ ب ِأَ  ْَ “Dari Abu Hurairah ra., nabi Muhammad saw bersabda, “Barang siapa yangmempunyai kemampuan tetapi ia tidak berkurban, maka janganlah ia menghampiri(mendekati) tempat shalat kami”. (Hadits Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah).Berkurban tidak sekedar mengalirkan darah binatang ternak, tidak hanyamemotong hewan kurban, namun lebih dari itu, berkurban berarti ketundukan totalterhadap perintah-perintah Allah swt dan sikap menghindar dari hal-hal yangdilarang-Nya.Allah swt ingin menguji hamba-hamba-Nya dengan suatu perintah, apakah iadengan berbaik sangka kepada-Nya dan karenanya melaksanakan dengan baik tanparagug-ragu? Laksana Nabiyullah Ibrahim.Berkurban adalah berarti wujud ketaatan dan peribadatan seseorang, dankarenanya seluruh sisi kehidupan seseorang bisa menjadi manifestasi sikap berkurban.Atau seperti Qabil yang menuruti logika otaknya dan kemauan syahwatnya,sehingga dengan perintah berkurban itu, ia malah melanggar perintah Allah swtdengan membunuh saudara kembarnya sendiri? Ia berusaha mensiasati perintah Allahswt dengan kemauannya sendiri yang menurutnya baik. Namun di situlah letak  permasalahannya: ia tidak percaya perintah Allah swt.?Berkurban juga berarti upaya menyembelih hawa nafsu dan memotong kemauansyahwat yang selalu menyuruh kepada kemunkaran dan kejahatan.
 
Seandainya sikap ini dimiliki oleh umat Islam, subhanallah, umat Islam akanmaju dalam segalanya. Betapa tidak, bagi yang berprofesi sebagai guru, ia berkurbandengan ilmunya. Pengusaha ia berkurban dengan bisnisnya yang fair dan halal.Politisi ia berkurban demi kemaslahatan umum dan bukan kelompoknya. Pemimpinia berkurban untuk kemajuan rakyat dan bangsanya dan begitu seterusnya.Kita berani menyembelih kemauan pribadi yang bertentangan dengan kemauankelompok, atau keinginan pribadi yang bertentangan dengan syariat. Bahkankemauan kelompok namun bertentangan dengan perintah Allah swt.Dengan semangat ini, bentuk-bentuk kejahatan akan bisa diminimalisir bahkandihilangkan di bumi pertiwi ini. Biidznillah.Karena itu Allah swt menegaskan dalam firman-Nya,”Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai(keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkanAllah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Hajj:37)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar